Salam Relawan Tangguh..!!

The Power of Humanity

 

Pahlawan. Seseorang yang dinilai berjasa bagi orang lain. Sejatinya semua orang bisa menjadi pahlawan termasuk kita. Namun, banyak diantara kita masih saja bingung-bingung mencari cara. Apakah kalian tahu bahwa dalam diri kalian semua terdapat pahlawan yang bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Yaps, Dia adalah Darah.

Berdasarkan standar World Health Organization (WHO), Indonesia membutuhkan kantong darah minimal 5,1 juta pertahun. Faktanya, Indonesia baru bisa memenuhi 4,1 juta kantong pertahun (Kemenkes, 2017). Kebanyakan, darah dibutuhkan untuk para Ibu yang mengalami pendarahan. Pendarahan menjadi penyebab Kematian Ibu dengan persentase 28%. Dengan melihat kebutuhan akan kantong darah yang tinggi dan minimnya ketersediaan darah, kita sebagai manusia yang berjiwa manusia mempunyai peran penting dalam penyelesaian masalah ini. Dan Donor Darah bisa menjadi solusinya.

Kali ini KSR PMI unit Universitas Negeri Malang bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah PMI Kota Malang mengadakan kegiatan Donor Darah yang bertempatkan di Pelataran Pepustakaan Pusat Universitas Negeri Malang. Tanggal 14 Februari 2019 dipilih untuk menjadi tanggal pelaksanaanya, yang kata beberapa orang Hari Kasih Sayang. Dengan mendonorkan darah, secara otomatis kita telah membagikan rasa kasih sayang kita kepada orang yang membutuhkan, kepada orang yang diharap-harap kembali baik dan pulih dengan bantuan darah kita. Civitas akademika UM sangat antusias mengikuti kegitan ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pendaftar. Sebanyak 75 kantong darah telah disediakan dengan pendaftar donor lebih dari 100 orang. Kegiatan dimulai pukul 08.00 dan ditutup pukul 12.00. Meski sudah ditutup, ternyata masih banyak mahasiswa yang ingin menjadi pendonor. Ini merupakan salah satu indikasi bahwa warga UM masih memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. Intinya, jangan pernah ragu untuk berbuat baik, jangan gamang untuk menjadi pendonor, karena setiap yang kita berikan akan kembali pada kita.

Tunggu apa lagi ?? Ayo Ciptakan Kantong Merah Penyelamat Nyawamu dengan Donor Darah! Sampai bertemu lagi di ajang pencarian si kantong merah penyelamat nyawa selanjutnya…

Salam Kemanusiaan.

Siamo..!!