Opening Hours:Monday To Friday - 7am To 9pm

UKM KSR PMI UNIT UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Sejarah

KSR PMI UNIT UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Kop

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Negeri Malang  (KSR PMI Unit UM) adalah:

  1. Suatu kesatuan organisasi dalam perhimpunan Palang Merah Indonesia yang merupakan wahana untuk menghimpun anggota PMI di lingkungan Universitas Negeri Malang.
  2. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak dibidang kepalangmerahan selaras dengan tridharma perguruan tinggi.
  3. KSR PMI Unit UM dibentuk atas dasar kesadaran dan kesukarelaan pribadi mahasiswa untuk menjadi anggota KSR PMI Unit UM sesuai dengan asas kepalangmerahan.

Sejarah lahirnya KSR PMI Unit UM diawali oleh suatu kebutuhan yang dirasakan mendesak pada waktu itu. Atas kerjasama dan bantuan PMI cabang Malang maka dibentuklah Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) kelompok IKIP Malang yang anggotanya terdiri dari anggota mahasiswa YON 805 dan anggota Pramuka dengan Gugus Depan 271-272 IKIP Malang.

Hal ini ditindaklanjuti dengan diadakannya penataran P3K dan Kepalangmerahan dua kali, yaitu pada tanggal 16-25 Juni 1979 dan 1-23 Januari 1980.

Peserta penataran I dan II sebanyak 70 orang. Tempat pelaksanaan di ruang sidang MENWA Mahasurya Jawa Timur YON 805 IKIP Malang, Jl. Semarang 5 Malang. Materi meliputi: kepalangmerahan, P3K, anatomi dan faal tubuh, pembalutan, ilmu pekerjaan sosial, dan kesehatan lapangan. dari keseluruhan peserta yang memenuhi syarat diberi kualifikasi A oleh PMI Cabang Malang.

Peresmian KSR PMI Kelompok IKIP Malang ini dilakukan oleh Rektor IKIP Malang, Drs. M. Ahmad Ichsan, yang disaksikan oleh ketua PMI Cabang Malang, Dr. Ahmad Zakaria, dan Sekretaris PMI Daerah Jawa Timur, Letkol H. Siswow Haryoko.

Pada penutupan penataran yang kedua yaitu pada tanggal 23 januari 1980 diadakan pelantikan pengurus yang saat itu disebut Majelis KSR PMI Kelompok IKIP Malang, bertempat di Auditorium IKIP Malang.

KSR PMI Unit IKIP Malang adalah KSR yang kali pertama berdiri di Indonesia. Selanjutnya diikuti oleh perguruan tinggi lainnya. Tanggal 23 Januari 1980 ditetapkan berdirinya KSR PMI Unit IKIP Malang. Namun sehubungan dengan berubahnya IKIP Malang menjadi Universitas Negeri Malang, maka KSR PMI Unit IKIP Malang berubah menjadi KSR PMI Unit Univeritas Negeri Malang dan setiap tanggal 23 Januari diperingati sebagai hari ulang tahun atau HUT KSR PMI Unit UM.

Translate »