Opening Hours:Monday To Friday - 7am To 9pm

UKM KSR PMI UNIT UNIVERSITAS NEGERI MALANG

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL SEMINAR NASIONAL KEPALANGMERAHAN KSR PMI UNIT UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN 2018

Categories :POST
  1. Artikel yang ditulis meliputi hasil penelitian dan hasil pemikiran dalam bidang kepalangmerahan dan K3 . Naskah diketik dengan: Microsoft Word; huruf Times New Roman; ukuran 12 pts; spasi 1,5; ukuran kertas A4 maksimum 10 halaman; dan page-setup top – 3, bottom – 3, left – 4, right – 3.
  2. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, panitia hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis harus menyertakan nama dan alamat lembaga serta alamat korespondensi penulis tersebut (e-mail).
  3. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan format esai, disertai judul pada masing-masing bagian artikel, kecuali bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul bagian. Judul artikel dicetak dengan huruf besar kecil di tengah-tengah, dengan huruf sebesar 16 poin. Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua judul bagian dan subbagian dicetak tebal atau tebal dan miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian:

PERINGKAT 1 (HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, RATA TEPI KIRI)

Peringkat 2 (Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri)

Peringkat 3 (Huruf Besar Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri)

  1. Sistematika artikel hasil penelitian adalah:

Judul

Nama Penulis

Abstrak dalam Bahasa Indonesia

Kata-kata kunci

Pendahuluan (tanpa subjudul, memuat latar belakang masalah dan sedikit tinjauan pustaka, dan masalah / tujuan penelitian)

Metode

Hasil

Pembahasan

Kesimpulan dan Saran

Daftar Rujukan (berisi pustaka yang dirujuk dalam uraian saja)

  1. Sistematika artikel hasil pemikiran adalah:

Judul

Nama Penulis

Abstrak dalam Bahasa Indonesia

Kata-kata Kunci

Pendahuluan (tanpa subjudul)

Pembahasan

Subjudul

Subjudul    sesuai dengan kebutuhan

Subjudul

Penutup

Daftar rujukan (berisi pustaka yang dirujuk dalam uraian saja)

  1. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah. Sumber yang dirujuk harus ada dalam daftar rujukan, dan sumber yang ada dalam daftar rujukan harus benar-benar dirujuk.
  2. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama, tahun). Contoh: (Gunawan, 2017).
  3. Daftar Rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.

Buku:

Gunawan, I. 2017. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Rajawali Pers.

Artikel dalam jurnal:

Gunawan, I. 2017. Prestasi Belajar Mahasiswa Fungsionaris UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 2(2), 171-177.

Artikel dalam koran:

Gunawan, I. 24 Desember, 2008. Pendidikan Perdamaian. Banjarmasin Pos, hlm. 6.

Tulisan / berita dalam koran (tanpa nama pengarang):

Kompas. 22 April, 2017. Angka Putus Sekolah dan Komersialisasi Pendidikan, hlm. 12.

Dokumen resmi:

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan. 2018. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Buku terjemahan:

Langeveld, M. J. 1996. Pedagogik Teoritis dan Sistematis. 0DownloadTerjemahan oleh Firmansyah. 2016. Bandung: Jemmars.

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Suking, A. 2013. Manajemen Kesiswaan pada Sekolah Efektif (Studi Multi Kasus di MAN Insan Cendekia, SMA Terpadu Wira Bhakti, dan SMA Negeri 3 Gorontalo). Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Makalah seminar, lokakarya, penataran:

Gunawan, I. 2015. Pasaran: Menggali Nilai-nilai Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Sifat-sifat Kepemimpinan Pendidikan. Makalah disajikan dalam Simposium Nasional Jejak Kearifan Lokal dalam Budaya Global, P3SHOK LP2M Universitas Negeri Malang, Malang, 31 Oktober.

Internet (karya individual):

Darwis. 2017. Penerapan Penilaian Berbasis Kelas dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Batulicin, (Online), (http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/JS/article/download/2190/1925), diakses 20 Maret 2017.

  1. Tata cara penyajian kutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Negeri Malang Tahun 2017, dan penulisan artikel Bahasa Indonesia menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (Depdiknas, 2000).

Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut.

 

>>>Download

1 Comment

SEMINAR NASIONAL KEPALANGMERAHAN KSR PMI UNIT UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN 2018 – UKM KSR PMI UNIT UNIVERSITAS NEGERI MALANG

July 7, 2018 at 11:18 am

[…] Artikel dapat dikirim melalui alamat email prosiding.ksr.pmi.um@gmail.com Ketentuan dan skema artikel dapat di unduh di http:// ksr.pmi.um.ac.id/ […]

Translate »