Opening Hours:Monday To Friday - 7am To 9pm

UKM KSR PMI UNIT UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Pelantikan Pengurus 2018

Categories :POST

Pelantikan pengurus periode 2018 pada tanggal 3 dan 4 Desember 2017, bertempat di bumi perkemahan Bedengan Malang.

 

Kepengurusan periode 2017 sudah masuk pada tahap purna, biasa disebut sebagai demisioner, yang ditandai dengan penandatanganan oleh Ketua Umum, Ketua I, Ketua II, Sekretaris I, Sekretaris II, dan Bendahara pada saat kegiatan Musyawarah Unit XXXVII hari keempat tanggal 24 November 2017.

Memasuki kepengurusan periode 2018 di bawah kepemimpinan M. Ainur Rofiq, sebagai Ketua Umum KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang, terpilihlah 5 pengurus harian dan 24 pengurus bidang yang turut merawat, mengelola, dan membangun KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang ke depannya.

Namun demikian, kegiatan pelantikan pengurus oleh Tim Formatur dilaksanakan selama dua hari satu malam di bumi perkemahan Bedengan, tanggal 3-4 Desember 2018.

Tanggal 3 Desember 2017, calon pengurus KSR PMI Unit UM Periode 2018 berkumpul di panggung trapesium untuk dibagi menjadi empat kelompok secara acak. Sebelum berkumpul, setiap kelompok diberi waktu untuk membeli bahan makanan untuk digunakan selama dua hari di bumi perkemahan Tujuan dari pelantikan pengurus dapat untuk merekatkan hubungan persaudaraan antarcalon pengurus agar roda kepengurusan tetap terus melaju bersama dalam mengemban amanat dan tanggung jawab.

Ketika pemberangkatan, calon pengurus tidak diberangkatkan secara bersama-sama, melainkan perkelompok diberi titik koordinat sebagai rute mereka menuju tempat kegiatan. Di tempat kegiatan, perkelompok dipersilakan untuk membangun tenda dan melakukan bersih-bersih diri. Tak lupa bahan makanan yang mereka beli, kemudian dikumpulkan menjadi satu.

Kegiatan pelantikan pengurus ini mengajarkan mengenai banyak hal, salah satunya calon pengurus dilatih untuk ikhlas dan siap menerima segala resiko yang ada. Rencana yang tersusun matang pun, pada akhirnya dapat meleset oleh kemungkinan yang belum terpikirkan. Contohnya, pada saat cooking time, perkelompok memasak dari bahan-bahan yang telah ia beli. Berbagai menu makanan telah ia masak kemudian ditukar dengan kelompok yang lain. Masakan yang telah dimasak bervariasi, di antaranya capcay, tumis tempe, sayur lodeh, dan ada yang memasak mie instan saja.

Games jaga lilin pada hari terakhir, mencerminkan mengenai perjalanan sebuah kepengurusan selama satu periode. Sebuah tim akan menjaga lilin tersebut tetap nyala sampai pada zona yang telah ditentukan untuk memutus sebuah tali yang membelenggu. Games ini mengajarkan nilai-nilai mengenai solidaritas, kekompakan, dan kerja sama. Bagaimana sebuah tim akan bekerja sama untuk menghalang gangguan dari luar. Seberapa rapat sebuah tim membangun formasi agar lilin tetap terjaga, akan ada saja yang mencoba masuk untuk menghilangkan nyalanya.

Pada harinya, 4 Desember 2017.

Pembacaan ikrar oleh 30 pengurus dengan disaksikan oleh Pendamping, demisioner, alumni, dan anggota KSR PMI Unit UM. Ikrar tersebut yang akan menjadi pengingat pengurus periode 2018 mengenai amanah dan tanggung jawabnya.

Translate »